Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal

Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal - Hallo sahabat Parawisata Alam Indonesia, Pada Postingan kali ini Admin Akan Membuat Artikel yang berjudul Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal, Disini Saya Akan Membahas Tentang Beberapa Tempat Parawisata Alam Yang Ada Di Negara Indonesia. mudah-mudahan isi Postingan Wisata Alam Indonesia yang saya tulis ini Bisa bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul Artikel : Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal
Link Artikel : Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal

lihat juga


Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal

Nglimut adalah Salah satu destinasi wisata yang berada di kabupaten Kendal yang sayang untuk anda lewatkan begitu saja. Karena apa, pemandangan dan panorama alam disini masih sejuk dan bebas polusi. Maka dari itu saya semakin penasaran seperti apa keindahan wisata nglimut ini, dan pada kesempatan kali ini admin akan mengajak anda untuk menjelajahi argowisata yang satu ini, seperti apa keindahan dan apa saja yang ada di argowisata Nglimut ini? Mari kita simak pembahasannya berikut ini. 

Lokasi Argowisata Nglimut Gonoharjo

Nglimut, Adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Gonoharjo kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Objek wisata ini memang sudah tak asing lagi rasanya bagi para pecinta jalan-jalan terutama yang berdomisili Kendal dan Semarang. Pemandangannya yang indah dan suasananya yang sejuk membuat banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesini. Jangan heran jika anda datang kesini di akhir pekan dan hari libur nasional objek wisata nglimut Gonoharjo akan dibanjiri para pengunjung.

Air Terjun Gonoharjo | Nglimut

Untuk menuju ke mari ada banyak rute yang biasa anda lewati. Melalui Kendal, Semarang, dan Ungaran. Buat anda yang belum pernah kesana tenang saja karena akan ada petunjuk arah yang bisa anda ikuti. Sebelum menuju kesana pastikan kendaraan anda dalam keadaan prima, cek juga rem dan busi. karena jalur yang akan anda lalui naik dan berkelok kelok. Untuk akses menuju ke sana anda dapat menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, dan truk.

Biayanya cukup terjangkau dan dijamin nggak bakalan bikin kantong kering.
Untuk masalah biaya pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp.8.000/ orang untuk tiket masuk ke air terjun, dan Rp.12.500/ orang jika ingin ke kolam renang dan pemandian air panas, serta plus parkir sepeda motor Rp.2.000/ unit. Bagaimana kawan murah sekali ya?

Nglimut sendiri berada di lereng gunung Ungaran. Diatasnya terdapat beberapa objek wisata menarik seperti perkebunan teh Medini dan curug Lawe, disisi lain ada Gedong Songo dan umbul Sido Mukti yang menawarkan keindahannya masing-masing.

Fasilitas Objek Wisata Nglimut Gonoharjo
1. Parkir luas
Kalau kita berkunjung ke salah satu tempat wisata kita perlu mencari area parkir yang luas, agar enak dan nyaman untuk mengistirahatkan kendaraan kita. Di Nglimut sendiri area parkirnya lumayan luas dan dikelilingi pepohonan sehingga nyaman untuk mengistirahatkan kendaraan.

2. Mushola
Jika kita mengunjungi area wisata mushola atau masjid adalah tujuan utama kita setelah kita sampai, karena kita sebagai umat islam wajib beribadah sholat 5 waktu, Ingat saat jam sholat tinggalkan aktivitas anda dan bergegas memenuhi panggilan Allah.

3. Kamar mandi
Disini kamar mandinya bersih dan terjaga, ini adalah tempat yang tidak boleh kita anggap sepele, karena jika tidak tau dimana tempat kamar mandi bisa gawat nanti urusanya kalau mau keluar.

4. Kolam renang
Bagi anda yang berkunjung kemari dan mencoba menyegarkan diri, anda dapat menyegarkan tubuh anda di kolam renang yang ada di Nglimut, kolam renang ini dibagi menjadi 2 dengan dipisahkan dengan tali tambang yakni untuk anak anak dan dewasa, maksimal kedalama 1 meter. Dilengkapi dengan ruang ganti di pinggir kolam renang.

5. Pemandian air panas
Disini anda dapat menikmati sensasi air hangat yang tak habis-habis. Bagi anda yang ingin bersantai dan berelaksasi anda dapat mencoba berendam di pemandian air panas disini. Di sebelah kolam pemandian air panas ada ruang ganti yang dilengkapi dengan bilasan air bersih, airnya langsung dari pegunungan, rasanya segar dan menyejukan.

6. Tempat berkemah
Di Nglimut terdapat juga tempat untuk berkemah, biasanya disini digunakan oleh para siswa-siswa sekolah dan para pecinta alam yang bermalam disini.

7. Taman
Taman yang tertata rapi dan indah, disini tamannya ada 2, taman bermain untuk anak-anak dan taman biasa pada umumnya, di area taman terdapat juga kolam ikan yang berisi ikan nila dan munjahir. Di area taman terdapat juga gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai melepas lelah.

8. Kantin
Bagi yang lapar, atau dari rumah belum sempet makan anda tak usah khawatir, karena disini banyak kantin dan para pedagang yang menjajakan makanan, makanan yang dijual seperti makanan pada umumnya seperti nasi goreng, bakso, mie ayam, dan lain lain.

9. Ruang Aula
Tempat ini biasanya digunakan untuk acara acara pertemuan dan rapat, ruang aula ada di area taman. Tidak sulit menemukannya.

10. Penginapan
Disini terdapat pula vila vila penginapan yang ditawarkan, yang pasti jika anda menginap disini rasanya pasti seger karena jauh dari polusi.

11. Situs candi
Disini terdapat situs watu candi yang berumur ratusan tahun. Situs ini berada di jalan saat anda hendak menuju ke lokasi air terjun, hampir seluruh bagian watu candi tertutup oleh lumut hijau, bentuknya sudah setengah hancur dan tersisa beberapa puing bangunannya saja.

12. Air Terjun
Dan yang terkhir dan paling menantang adalah air terjun, lokasi air terjun berbeda dengan di lokasi taman, untuk menuju ke air terjun dari taman anda keluar terlebih dahulu kemudian jalan kaki keatas, setelah membeli tiket masuk ke air terjun persiapkan diri anda untuk medan naik ditengah tengah hutan. Dari pintu masuk menuju ke air terjun berjarak sekitar 2 - 3 Km dengan jalan setapak. Ada 2 air terjun yang nanti anda jumpai, yang pertama air terjunnya tidak terlalu tinggi dan yang paling ujung yang tertinggi dan jadi buruan para wisatawan.

Segarkan diri dulu yuk dengan berenang di kolam renang
Sebelum ke air terjun disini ada kolam renang dan pemandian air panas yang siap menyegarkan tubuh anda. Kolam renangnya sendiri hanya ada satu antara yang untuk anak-anak dan dewasa dipisahkan dengan tali tambang yang membentang di tengah-tengahnya. Kedalam kolam renang disini maksimal sampai 2 meter. Jangan kaget jika anda berenang disini karena airnya sangat dingin. Namun jika anda berenang diwaktu siang bolong dengan panas yang menyengat dijamin segar rasanya. Pengalaman saya pernah berenang disini sekitar jam 9 pagi, alhasil tak sampai setengah jam tubuh saya sudah menggigil kedinginan. Jika sudah puas berenang langsung saja kita melanjutkan perjalanan ke pemandian air panas.

Disebelah kolam renang utama tadi ada pemandian air panas yang akan memanjakan tubuh anda. Dikolam ini semua pengunjung bercampur antara anak-anak dan orang dewasa, karena kolam pemandian air panas ini tidak dalam. Setelah berendam jika anda ingin ganti baju ada disamping kolam renang persis terdapat kamar mandi dan kamar gantinya.

Dibawah kolam renang terdapat beberapa vila penginapan dan biasanya digunakan untuk perkemahan. Disamping vila vila tersebut ada taman yang indah dan terawat dengan rapi. Sehingga akan membuat pengunjung betah berada di tamannya. Ada juga berbagai penginapan, gazebo, kebun binatang mini, taman bermain anak, dan taman. Wah komplit ya?

Setelah puas menjelajahi kolam renang dan pemandian air panas kini saatnya kita melanjutkan perjalanan yang lumayan jauh menuju ke air terjun yang indah dan eksotis. Untuk menuju kesana kita perlu membayar lagi tiket masuk menuju ke air terjunnya sebesar Rp.8.000/ orang. Di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun suara serangga dan burung-burung liar saling sahut menyahut akan menemani perjalanan anda. Selain dihiasi dengan suara nyanyian satwa perjalanan menuju ke air terjun anda juga dihiasi dengan pemandangan alam berupa pepohonan yang lebat dan area pegunungan.

Medan menuju ke air terjun
Pertama pengunjung akan melewati turunan puluhan anak tangga, setelah sampai dibawah kita akan melihat air terjun mini selanjutnya kita melanjutkan perjalanan dengan medan yang datar, tak lama kemudian medan jalan berubah menanjak bebatuan akan kita hadapi, pastikan tenaga anda cukup fit untuk menempuh perjalanan yang tidak mudah. Setelah itu kita akan sampai ke tempat peristirahatan, disini banyak pondok-pondok yang disediakan oleh pengelola dan dibawahnya juga terdapat pemandian air panas yang lain. Selesai beristirahat kita melanjutkan perjalanan lagi dengan medan tanah merah padat yang dikelilingi pohon kopi, setelah beberapa lama anda akan menjumpai air terjun kembar yang lumayan tinggi tapi ini bukan target utama, kita terus melanjutkan perjalanan untuk menuju ke target utama.

Kalau udah lelah istirahat dulu di air terjun pertama
Air terjun ini juga terbilang unik. Karena aliran airnya terbagi menjadi 2 bagian, sehingga terlihat seperti kembar. Terlepas apa nama dari air terjun ini yang penting keindahanya sangat memanjakan mata. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dan dikelilingi berbagai tanaman khas pegunungan. Bahkan tak sedikit para pengunjung yang sudah menyerah sampai sini dan tidak melanjutkan perjalanan ke air terjun yang kedua. Wah tanggung sekali kalau cuma sampai sini saja ya? Mending lanjutin aja sekalian.

Oke, setelah puas melihat air terjun pertama kita lanjutkan perjalanan menuju ke target utama. Dari sini memang perjalananya masih sangat jauh, bahkan perlu berjalan kaki 1 Km lebih. Bahkan medan yang akan kita lalui menuju ke air terjun yang kedua lebih menegangkan daripada air terjun ini. Jadi persiapkan tenaga semaksimal mungkin. Ditengah-tengah jalan nanti anda akan melihat situs watu candi yang sudah runtuh dan berlumut, pantang menyerah teruslah ikuti jalan setapak ini hingga sampai ke tujuan.

Ini dia target utama yang ditunggu-tunggu
Setelah anda lelah berjibaku dengan medan yang menguras energi kini anda bisa bernafas lega sambil beristirahat menikmati keindahan dan kesejukan air yang jatuh dari atas tebing. Air terjun yang kedua memang menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona, Bagaimana tidak karena dari ketinggian kurang lebih 20 meter, air dengan derasnya jatuh ke bawah dan menyejukkan pepohonan yang ada dibawahnya. Dibawah air terjun suasanannya sangatlah dingin karena terletak hampir dipuncak gunung Ungaran.

Para pengunjung disarankan berhati-hati saat berada sekitar air terjun karena bebatuan yang ada disekitarnya ditanami lumut yang licin. Jika anda ingin membasahi tubuh anda karena perjalanan yang melelahkan anda bisa langsung menuju ke tempat jatuhnya air dan biarkanlah air membasahi tubuh anda dijamin sangat segar dan rasa letih karena perjalanan yang ditempuh serasa terbayarkan.

Jika anda hendak berkunjung kemari dan memasuki seluruh objek di kawasan wisata Nglimut Gonoharjo bawa pakaian ganti kalau anda berenang dan ingin mandi di air terjun bawalah 2 pakaian ganti. Sebelum menuju ke air terjun utama jangan lupa bawa bekal seperti makanan dan minuman untuk jaga-jaga, karena di jalan menuju ke air terjun jarang pedagang. Jika anda wanita jangan gunakan sandal atau sepatu berhak karena medannya bebatuan, tanah liat, dan naik turun berkelok, bawalah sepatu atau sandal yang tidak licin, jika memungkinkan bawa 2 sandal untuk cadangan. Karena udaranya sangat dingin bawalah pakaian dan celana panjang, jaket, sweter, pokoknya pakai pakaian yang membuat anda merasa hangat.

Diatas air terjun terdapat lebatnya pepohonan yang masih alami dan tebing tebing curam gunung Ungaran juga terlihat dari bawah air terjun. Semoga keindahan dan kealamian wisata air terjun Nglimut tetap terjaga sehingga dapat membuat kita lebih mencintai alam dan karunia Allah yang diberikan kepada kita.

Dimanapun anda berada dimanapun anda berpijak jagalah etika dan sopan santun anda, jagalah objek wisata yang indah ini dari sampah sampah dari tangan tangan tak bertanggung jawab. Jika anda ingin membuang sampah dan ternyata tidak ada atau anda tidak melihatnya, bawalah sampah itu sampai ke lokasi parkir, disana terdapat tempat sampah. Jangan biarkan keindahan alam Indonesia rusak dan jangan biarkan diri kita ikut andil merusak keindahan alam.


Demikianlah Artikel Tentang Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal

Itulah Artikel Tentang Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal, mudah-mudahan Artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua. baiklah, Sekian postingan Parawisata Alam Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal dan artikel ini url permalinknya adalah http://andreaztraveling.blogspot.com/2016/09/wisata-air-panas-dan-air-terjun-nglimut.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo Kendal"

Posting Komentar